MAHASISWA UKSW MENGADAKAN PENGOBATAN GRATIS

Oleh : Yaser Wunga
dokter dari puskesmas bancak sedang melakukan pemeriksaan
dokter dari puskesmas bancak sedang melakukan pemeriksaan
Semarang, 29-05-2016 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan kegiatan pengobatan gratis di Dusun Ngebleng Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diwadahi oleh Senat Mahasiswa Universitas di bawah Bidang 3 Departemen Kepemimpinan. Kegiatan ini adalah rangkain intervensi sosial yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengikuti Latihan Lanjutan Kepemimpinan Mahasiswa (LLKM). LLKM adalah pelatihan tingkat akhir yang diadakan oleh UKSW, pelatihan ini sering dilaksanakan setahun sekali, tetapi sebelum mengikuti pelatihan LLKM mahasiswa harus terlebih dahulu sudah lulus Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) dan Latihan Menengah Kepemimpinan Mahasiswa (LMKM).

Kegiatan pengobatan gratis ditangani oleh 1 orang dokter dan tiga 3 orang bidan dari Puskesmas Bancak. Pengobatan dimulai dari jam 11:00 WIB-13:00 WIB, alasan pengobatan ini hanya 2 jam, adit peserta pelatihan sekaligus panitia intervensi mengatakan bahwa dokter yang menangani pengobatan hanya bisa sampai jam 13:00 WIB dan setelah itu mempunyai keperluan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Sebelumnya mahasiswa juga sempat mengadakan pelatihan kepemimpinan bagi Karang Taruna, pembagian pohon zodia, nonton film, penyuluhan Desa Wisata, penyeluhan kesehatan reproduksi dan lingkungan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yaitu 22, 28, dan 29 mei.


Kegiatan ini mengusung tema “UKSW untuk ngebleng”. Melalui tema ini juga mahasiswa mengharaPkan apa yang mereka berikan bisa berdampak bagi masyarakat. Sebelum melaksanakan kegiatan atau intervensi, terlebih dulu mahasiswa dititipkan di masyarakat selama 1 minggu, dan selama itu pula mahasiswa selain membantu masyarakat mahasiswa juga melihat dan mengamati  apa yang menjadi masalah di masyarakat dan setelah menganalisis mahasiswa mencari solusi untuk menyelesaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRONOLOGI PROSES PEMILIHAN REKTOR UKSW PERIODE 2017-2022

PEMBINA MENGAKHIRI POLEMIK PEMILIHAN REKTOR UKSW TAHUN 2017